Friday, December 30, 2011

Partners in OSIS


Ini adalah salah satu pengalaman yang gak mungkin gw lupain. Gw belum pernah dapet pengalaman ini. Pengalaman saat gw jadi Ketua OSIS SMP-SMA Insan Cendekia BSD. Angakatan pertama pula. Haaahh, sungguh, "Unforgettable Experience".

Seperti biasanya, sebelum dipilih pasti ada pemilihan. Sebelum gw kepilih jadi ketua OSIS, gw ngelewatin dulu yang namanya pemilihan itu. Dan itu sangat menegangkan (menurut gw). Rasanya, kayak ada efek yang berbekas gitu. Wkkwkwkwk -___- Gw juga gak nyangka dicalonin sama guru-guru. Pas di Masjid, ada pengumuman dari guru gw. "Kepada yang saya sebut namanya, tolong kumpul sebentar di rumah panggung." kata guru gw. And, gw disebut, bersama 3 orang teman gw, Andi Tahmid Barokah, Hilyah Amaly Nayyirah, & Anindya Puspa Septiary. Gw bingung aja. So, setelah keluar Masjid, gw langsung ke rumah panggung. 

Setelah sampai, gw & teman-teman gw disuruh duduk sama ketiga guru gw, Pak Dani, Pak Saiful, & Pak Yosep. Dikasi tau apa tujuannya dipanggil. Ternyata, kita adalah calon Ketua OSIS 1 & 2. Kalo yang cowok Ketua OSIS 1, dan yang cewek Ketua OSIS 2. Tapi tetap yang 4 ini jadi Tim Inti OSIS. 

Habis itu kita dikasi nasihat, "Siapa pun yang jadi, semuanya sama aja. Tetap Tim Inti OSIS", kata Pak Dani. Kita juga diminta buat kampanye dengan mengutarakan visi & misi. OMG! 

Setelah selesai kita balik ke asrama, dan ditanya sama anak-anak. "Kenapa di panggil?" "Jadi OSIS lu ya?". Banyak banget pertanyaan. Tapi kita berempat udah sepakat ngejawab "Cuma disuruh ngawasin piket asrama". 

***
Emang waktu itu ada piket Asrama. Tiap hari 4 anak bertugas. Ngebangunin, ngunci kamar, ngebersihin selasar, dan lain-lain. Itu juga buat melatih siswa jadi mandiri & punya tanggung jawab.

Lanjut, 

Tiap hari gw pikirin aja gimana bikin visi & misinya. Gw bingung. Lebih bingung dari pelajaran Matematika (boong). Gw mau nulis ini, ragu. Mau nulis itu, juga ragu. Akhirnya gak ketulis-tulis. Sampai akhirnya dikasi contoh visi & misi sama guru BK gw. Finally, ada jalan juga. 

Malam sebelum pemilihan, setelah muhadloroh (latihan pidato), kita berempat di suruh maju ke depan. Kita dikasih tau kalo kita adalah Tim Inti OSIS. Maka untuk menentukan ketua 1 & 2, besoknya akan diadakan pemilihan. Pas dikamar gw gak bisa tidur. Takut, gugup jadi campur aduk. Beeehh. 

Tepat esok harinya, pemilihan pun dilaksanakan. Ada kepala sekolah beserta beberapa guru. Guru yang gak dateng lagi pada pergi ke pameran sekolah-sekolah. Makin gugup gw. Lalu Pak Dani buka acara dengan doa, lalu memperkenalkan kita berempat. 

Next, yang maju pertama buat bacain visi & misinya, temen gw, Andi Tahmid Barokah Ramadhan. Yoi, gw liat dia bagus banget. Gw aja sampai grogi. Malah makin grogi. Setelah selesai, Tahmid turun dengan applause yang meriah. 

Haaahhh, selanjutnya giliran gw buat bacain visi & misi. Grogi pas naik. Tapi coba gw lawan. Gw bacain visi & misi gw. Haduuhh, konyol. Tapi itulah yang berkesan. Belum pernah gw bacain visi & misi. 2 temen gw yang cewek juga gitu. Hilyah Amaly Nayyirah & Anindya Puspa Septiary, mereka juga bacain visi & misinya masing-masing. Semua visi & misinya bagus-bagus. 

Setelah semua selesai bacain visi & misi, kita dikasi pertanyaan sama guru-guru, kepala sekolah, dan teman-teman. Gw jawab sesuai dengan apa yang ada di kepala gw yang mungkin akan terealisasikan. Ada satu pertanyaan yang buat gw agak mikir jawabnya. Pertanyaan itu datang dari temen gw, Fiki. Dia nanya, "Gimana kalo visi & misi kalian gak tercapai?". Dan gw jawab "Saya akan turun dari jabatan". 

Akhirnya puncak acarapun tiba. Yaitu pemilihan umum. Ada 2 kotak di depan, 1 buat yang cowok & 1 lagi buat yang cewek. Setiap siswa dipanggil namanya oleh panitia dan dikasih kertas kayak gini: 


Hahahhaha nama gw cuma "Rafli Adlan" kurang "a Firstanier" -___-. Cara miliihnya tinggal di checklist. Gw juga milih, semua calon juga milih. Untuk hari itu yang milih semuanya siswa-siswi. Guru-guru belum milih karena seperti yng gw bilang tadi, ada beberapa guru yang ke pameran. 

Setelah pemilihan selesai, saatnya diadakan penghitungan suara. Penghitungan suara dilakukan di depan seluruh siswa-siswi biar jadi saksi dan gak ada kecurangan. Pas panitia ngambil kertas pemilihannya, yang keluar pertama nama gw. "Rafli..", gitu kata panitia. Nama gw di papan tulis pun ditambah 1. Begitu seterusnya. Gw sama Tahmid balap-balapan. Akhirnya, setelah penghitungan yang cukup lama dan menegangkan, gw kalah cukup telak sama Tahmid. Kalo gak salah 23 - 48. Kalo di persentase gw 36 % , Tahmid 64% . Cukup jauh, bahkan sangat jauh. MaDeSu -.- 

Di sudut lain, pemilihan ketua 2, Hilyah unggul. Perbedaannya nggak jauh. Setelah itu, pemilihan pun selesai dan ditutup dengan doa. Semua segera balik ke Asrama. Karena itu hari Sabtu, kalo gak salah jatah pulang cewek. 

Gw diem aja. Mungkin shock kali yaa. Tapi sebelum hari itu pun gw udah bersumpah, bahkan gw kemukakan di depan umum pas bacain visi & misi. "Siapapun yang terpilih nanti, kita harus dukung bersama. Gak ada pecah belah". Akhirnya gw sadar, gw gak boleh narik kata-kata itu. Gw harus buktiin. 

Selang 2 hari setelah hari itu. Malamnya setelah isya, kita berempat disuruh maju. Ternyata guru-guru udah pada milih. Wahhh gw makin kaget lagi. Next, dibacain sama Pak Saiful. Pertama dibacain hasil penghitungan dari siswa. Udah tau kan? Ya, gw kalah dengan perolehan suara 36%. Sementara Tahmid 64%. 

Tapi, Subhanallah, secara gak sengaja ^_^, gw ngeliat kertas hasil penghitungan. Emang waktu itu kita disuruh berdiri di belakang Pak Saiful yang lagi duduk sambil ngebacain hasil. Otomatis gw ngeliat ngintip-ngintip hasilnya. Ya Allah, gw kaget banget pas di kertas bagian tengah yang gw liat samar-samar, nama gw dapet 18 sementara Tahmid dapet 3. Ternyata yang gw liat itu hasil pemilihan guru-guru. Subhanallah. Pas gw turunin lagi pandangan gw, gw ngeliat hasil penghitungan akhir. Gw dapet 55% suara sementara Tahmid 45%. 

Ya Allah, gw kaget. Gw kaget banget. Gw kaget sekali. <-- -____-? 

Pak Saiful yang sadar kalo ternyata dari tadi kita berempat ngeliatin, langsung ditutup sambil ketawa. Gw bingung. "Apa gw menang ya?" "Tapi itu tulisannya gw 55%", bingung gw dalam hati. Akhirnya Pak Saiful bacain perolehan seuara akhir seluruhnya. Gw dapet 55%. Tahmid 45%. Hilyah & Indy gw lupa pastinya. Tapi Hilyah unggul gak jauh dari Indy. Asli, gw nangis. Walaupun gak nangis kayak bocah. Lebih tepatnnya nangis terharu. Gw nangis karena gw ngerasa Allah jawab pertanyaan gw. 

Setelah pemilihan dari siswa-siswi (yang gw kalah), malamnya gw sempet terbangun dan shalat tahajud. Gw juga berdoa biar dikasi kesehatan, kecerdasan, dan lain-lain. Gw juga sempet bicara sama Allah, kurang lebih kayak gini: 

"Ya Allah, kalo emang ini takdir hamba buat menerima jabatan ini, bantulah hambamu ini Ya Allah. Tapi jika tidak bantu hamba agar dapat menerima hasilnya dengan lapang dada". 

Bener-bener gak nyangka gw. Lalu Hilyah & Indy ngasih selamat. Ini bener-bener di luar dugaan. Setelah itu, kita balik ke asrama. Tidur seperti biasa. Bener-bener moment yang indah. Gw gak nyangka. Rasanya hari itu gak mau gw lewatin gitu aja... 

Note : 
Ingat, yang penting bagaimana kita menjadi satu tubuh yang kuat. Bukan karena sesuatu hasil kita harus terpecah belah. Harus Bersatu ;)

No comments:

Post a Comment